Rekor Muri 2008 - Penemu Metode Matematika Akhlaq Pertama dan Satu2nya di Indonesia
Rumah Akal
Pelangi Mizan

Apa itu IMC?

Ass. Wr. Wb.


Islamic Math Club (IMC) adalah unit kegiatan khusus matematika berbasis Alquran di bawah naungan ISLAMIC SCIENCE & MATHEMATICS INSTITUTE (ISMI), Tunas Bangsa Foundation (Yanuba), Malang.


ISMI adalah mitra strategis F-MIPA:



ISMI menyelenggarakan beberapa program pendidikan, yaitu program Utama,Pendukung dan program Khusus. Program Utama yaitu:

  • [] Program Matematika Qurani (Islamic Math Club)
  • [] Program Islamic Science (integrated science)

Sedangkan program Pendukung terdiri dari:

  • [] MQ-12 (Matematika Qurani aplikasi 12 Nilai Dasar Perdamaian)
  • [] Islamic Math 60 (60 project aplikatif Matematika Islam)

Dan program Khusus, yaitu:

  • [] Kelompok Ilmiah ISMI

IMC memberikan pembelajaran matematika khusus yang disebut Matematika Qurani (MQ), dimana dulunya MQ bernama Matematika Akhlaq.

IMC berpandangan bahwa:

"Antara pengembangan akademis dan pengembangan akhlaq siswa sesungguhnya dua hal yang sama-sama mesti diselaraskan. Yang satu tidak bisa mematikan yang lain".




Gambar atas: Siswa siswi kelas Matematika Qurani sedang "ngantri" menjawab soal yang dibuat oleh pembimbing. Mereka berebut menjawab soal karena termotivasi cara Rasullullah Muhamad SAW menjawab soal matematika

Target belajar matematika di IMC adalah memahami matematika dengan nalar serta membentuk akhlaq siswa. Alquran sebagai Kitab Suci digunakan sebagai penyedia Data Pendukung proses belajar. Dengan demikian, insyaAllah target menjadikan setiap siswa "pintar matematika berakhlaq mulia" dapat tercapai.

Pendidikan adalah proses rekayasa pemikiran untuk menghasilkan kepribadian sebagaimana yang diinginkan. Selama ini dunia pendidikan agama secara umum dan pendidikan pesantren terdesak oleh kecenderungan yang mengutamakan penguasaan eksakta. Dunia pendidikan kita hanya terfokus pada Learning Skill, namun meninggalkan Thinking Skill dan Living Skill. Akibatnya apa yang menjadi kelebihan dunia pendidikan agama ditinggalkan.

Simak apa yang dikatakan Oleh Prof. Dr. Mohammad Ali, MA
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI

"Penyelenggaraan pendidikan agama Islam di sekolah penuh tantangan, karena secara formal penyelenggaraan pendidikan Islam di sekolah hanya 2 jam pelajaran per minggu. Jadi apa yang bisa mereka peroleh dalam pendidikan yang hanya 2 jam pelajaran. Jika sebatas hanya memberikan pengajaran agama Islam yang lebih menekankan aspek kognitif, mungkin guru bisa melakukannya, tetapi kalau memberikan pendidikan yang meliputi tidak hanya kognitif tetapi juga sikap dan keterampilan, guru akan mengalami kesulitan. Kita tahu bahwa sekarang di kota-kota pada umumnya mengandalkan pendidikan Islam di sekolah saja, karena orang-orangnya sibuk dan jarang sekali tempat-tempat yang memungkinan mereka belajar agama Islam. Jadi guru ini kalau dipercaya untuk mendidik pendidikan agama Islam di sekolah, keislaman mereka ini adalah tanggung jawab moral. Oleh karena itu jangan hanya mengandalkan guru-guru yang hanya mengajar di sekolah saja, akan lebih baik apabila menciptakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang memungkinkan mereka bisa belajar agama Islam lebih banyak lagi".

Informasi selengkapnya dapat bapak/ibu klik link berikut:

http://www.ispi.or.id/2010/09/19/pengembangan-pendidikan-agama-islam-di-sekolah/


Islamic Math Club (IMC) menawarkan cara pandang baru dalam pendidikan akhlaq melalui penguasaan ilmu matematika dasar, (SD & SMP) serta matematika tingkat lanjut (SMA), sehingga kecintaan anak-anak & adik-adik kita pada Alquran senantiasa selalu bertambah.

I Love My Quran & Math...! Kucinta Quran tanpa Nyantri...
Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amien.

Wass. Wr. Wb.



Ana Hermawan

Ketua Islamic Math Club

081334207060

Matematika Islam, miracles of islam, miracle of islam, numerical 19, quran and mathematics miracle islam, miracles in islam, mathematics of quran, islam miracle, number 19, fahmi basya, kh fahmi basya, fahmy basya, islamic math, islamic mathematic, islamic mathematics, quran math, quran mathematics, al quran mathematic miracle, nomor 19, angka 19, islam small research, about islam number of alphabet in quran, mathematical, mathematical miracles in quran, mericle of islam, miracles of islam, mathematical miracle in islam, al quran mathematical miracles, relation between quran and math numerical value for alphabet, nomer 19, bilangan 19, number 19 in quran beautiful verses from the quran, quran's mathematical miracles, prime numbers miracles of the qoran, mathematical miracles of the quran, mathematics in quran, math islam, qur`an number and numbering in quran, al quran miracles mathematical